Resepsi Nikah Tertunda Karena PSBB, PPKM dan Lockdown? Ini Yang Perlu Kamu Lakukan.

Dapatkan solusi untuk acara resepsi pernikahan yang tertunda karena PSBB. Simak hal-hal yang perlu kamu tanyakan kepada vendor supaya kamu tidak stress sendiri.

On this article:

Menyiapkan pernikahan di tengah situasi pandemic itu seperti ujian masuk perguruan tinggi, susah ngga sih? Ditambah lagi peraturan PSBB yang membatasi acara resepsi pernikahan mulai ditetapkan lagi di beberapa kota. Apakah kotamu lockdown? Stress dong ya, udah wara-wiri cari gedung, fitting baju, foto prewed, booking MUA, icip-icip prasmanan daaaaan jeng-jeng-jeng….”Dilarang menggelar acara resepsi pernikahan”. Jleb!

First of all, calm down brides! Yang kamu butuhkan saat ini adalah menenangkan diri dan besikap bijaksana. Anggap saja PSBB, PPKM, ataupun lockdown ini bagian dari usaha untuk menjaga acara resepsi nikahmu nanti tetap aman dari resiko penularan virus.

Okay langsung saja next step, sekarang coba kamu buat daftar vendor nikah yang sudah kamu pesan (khususnya yang sudah dibayar/DP). Segera hubungi vendornya satu persatu dan tanyakan hal-hal berikut:

Pertanyaan untuk WO Resepsi Pernikahanmu

ilustrasi wo resepsi pernikahan

Photo by THEPOTOMOTO from the wedding of Handika Pratama & Rosiana Dewi

Jika kamu menggunakan WO, mereka adalah orang pertama yang akan kamu berikan pertanyaan. WO akan membantu kamu untuk menjadwalkan ulang acara pernikahanmu dengan vendor-vendor lain.

  • Apakah ada opsi untuk menunda acara pernikahan?
  • Jika iya, apakah WO bersedia untuk mengkoordinasikan penundaan ini kepada vendor lain?
  • Boleh tau untuk jadwal WO beberapa bulan ke depan apakah masih ada cukup slot yang tersedia?
  • Bagaimana dengan biaya? Apakah kami bisa mendapatkan refund, atau disimpan sebagai deposit?

Pertanyaan untuk Vendor Resepsi Pernikahan Lain (Photografer, Catering, Venue, Dekorasi, MUA)

ilustrasi acara resepsi pernikahan

Photo by THEPOTOMOTO from the wedding of Handika Pratama & Rosiana Dewi

Jika kamu memesan vendor secara langsung, berikut pertanyaan yang wajib kamu ajukan:

  • Apakah ada konsekuensi terhadap biaya jika acara nikah ditunda? Jika ada, berapa besar biaya penundaannya?
  • Bisakah diberitahukan slot kosong vendor dalam beberapa bulan ke depan?
  • Karena penundaan ini atas anjuran PSBB/PPKM pemerintah yang wajib dipatuhi, apakah ada keringanan biaya atau garansi penundaan?
  • Untuk kondisi khusus seperti saat ini, apakah venue akan membuat peraturan baru untuk memasuki lokasi acara pernikahan?
  • Jika kami benar-benar harus membatalkan acara resepsi tahun ini karena lockdown, apakah kami akan mendapatkan refund? Berapa persen refund yang bisa kami dapatkan?

Pada intinya kamu perlu mencari tau konsekuensi terhadap biaya, ketersediaan jadwal, dan ketentuan khusus mengenai Covid-19 apabila acara pernikahanmu ditunda.

Okay, jika kamu sudah mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu bisa mulai membuat pertimbangan dengan pasangan dan keluargamu sebaiknya resepsi nikah ini ditunda atau dibatalkan sama sekali. Jika ada satu atau dua vendor yang tidak menyetujui penundaan tapi secara kondisi di bulan-bulan depan membaik dan PSBB/PPKM mulai dilonggarkan maka mulai saat ini sebaiknya kamu mencari pengganti vendor tersebut.

Menyampaikan Undangan untuk Sahabat Dikala PSBB, PPKM, dan Lockdown

contoh undangan digital resepsi pernikahan

Photo by Toolus Photography from the wedding of Handika Pratama & Rosiana Dewi

Kemudian bagaimana dengan tamu undangan? Yes tentu itu wajib jadi perhatian kamu untuk menjelaskan kepada para sahabat tentang penundaan resepsi pernikahan ini. Jangan sampai teman-teman yang dari luar kota salah beli tiket pesawat atau terlanjur booking hotel jauh-jauh hari.

Kamu bisa memakai layanan online wedding announcement seperti Wedwebs untuk mengumumkan bahwa sementara ini kamu akan menggelar akad nikah/pemberkatan yang dihadiri keluarga inti saja, dan undangan resepsi akan disampaikan di lain hari.

Wedwebs memberikan garansi reschedule hingga 1 tahun untuk ganti tanggal pernikahan jika acara kamu harus ditunda karena PSBB, PPKM, ataupun lockdown. Kamu juga bisa menampilkan live streaming acara akad nikah/pemberkatan di online announcement kamu. Bahkan, kamu juga bisa menampilkan kanal untuk menerima hadiah pernikahan dari para sahabatmu.

Kamu bisa konsultasi gratis dengan team Wedwebs sekarang dengan mengetuk tautan ini. Team Wedwebs akan dengan senang hati membantumu menyusun kata-kata yang tepat dan sopan untuk menyampaikan acara pernikahan yang tertunda.

Oh ya FYI, online announcement dari Wedwebs itu flexible loh, kamu bisa request modifikasi di kemudian hari untuk dijadikan sebagai undangan resepsi. Lebih praktis bukan?

Sekian tips dari kami, stay safe ya brides! Follow IG Wedwebs nih biar ngga kelewatan promo: @wedwebs

Share:

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest

Follow Wedwebs:

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates, and sale.